cara mengejah huruf alqur'an bagian 1



بِسْــــــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
اسلام عليكم
Kalau sobat sedang membaca postingan ini, berarti sobat sudah hafal semua huruf-huruf hijaiyah berikut tanda bacanya. Karena dua hal tersebut merupakan bagian dasar dalam belajar membaca alquran. Kalau sobat sudah menghafanya, kita akan lanjut belajar membaca alquran  ini pada tahap mengejah kata yang akan dibahas pada postingan ini. Mari kita mulai, jangan lupa berdoa ya.


Pertama yang harus sobat pelajari dalam tahap mengejah ini adalah membaca semua huruf ber-fathah dibawah ini :
Lakukan cara ejah seperti ( nama huruf→wa→tanda baca=pengucapan ) contoh : jika hurufnya alif berfathah ( اَ ) maka cara ejahnya adalah → alif wa-fathah = a untuk mempermudah mengejah kita gunakan penyambung kata dalam bahasa arab “wa” yang artinya “dan”. Gunakan selalu cara mengejah ini seterusnya, baik dalam kata yang pendek atau dalam mengejah satu ayat sekalipun.
Jika huruf ba ( بَ ) maka cara ejahnya sama yaitu ba wa fathah = ba, jika huruf “jiem” ( جَ ) berarti jiem wa fathah = ja lakukan seterusnya oleh sobat hingga huruf ي dan lakukan berulang-ulang sebagai latihan memperlancar.

رَ
ro
ذَ
dza
دَ
da
خَ
kho
حَ
ha
جَ
ja
ثَ
tsa
تَ
ta
بَ
ba
اَ
a
فَ
fa
غَ
gho
عَ
‘a
ظَ
dzo
طَ
to
ضَ
dlo
صَ
sho
شَ
sya
سَ
sa
زَ
za
يَ
ya
ءَ
a
لَا
laa
هَ
Ha
وَ
wa
نَ
wa
مَ
ma
لَ
la
كَ
ka
قَ
qo

Setelah sobat merasa lancar mengejah huruf berfathah diatas, selanjutnya sobat akan mengejah huruf ditambah tanda baca kasrah dan domah. Cara ejahnya sama seperti yang diatas yaitu ( nama huruf→wa→tanda baca=pengucapan ). Contoh : huruf “alif” (اَ اِ اُ  ) diejah seperti ini : alif wa fathah “a”, alif wa kasroh “i”, alif wa domah “u” = “a – i - u” kalau huruf “ba” (ب َبِ بُ   ) maka diejah : ba wa fathah “ba” ba wa kasroh “bi” ba wa domah “bu” = “ba – bi – bu”. Seterusnya sobat coba sendiri dan lakukan berulang-ulang juga.

اَ اِ اُ  ب َبِ بُ  تَ تِ تُ  ثَ ثِ ثُ  جَ ج ِجُ  حَ حِ ح ُ  خَ خ ِخُ

دَ دِ دُ  ذَ ذِ ذُ  رَ رِ رُ  زَ زِ زُ  سَ سِ سُ  شَ شِ شُ  صَ صِ صُ

ضَ ضِ ضُ  طَ طِ طُ  ظَ ظِ ظُ  عَ عِ عُ  غَ غِ غُ  فَ فِ فُ  قَ ق ِقُ

كَ كِ كُ  لَ لِ لُ  مَ مِ مُ  نَ نِ نُ  وَ وِ وُ  هَ هِ هُ  لَا ءَ  يَ يِ يُ


Pastikan ejahan yang diatas sudah lancar !! sebelum sobat melangkah ke ejahan berikutnya yaitu menggunakan tanwin. Masih ingat kan tanda baca “tanwin” yang sudah dibahas sebelumnya, jika sedikit lupa silahkan baca kembali pada postingan mengenal tanda baca/harakat. Nah kalau sudah ingat dan ejahan diatas sudah lancar, maka lanjut pada ejahan berikutnya yaitu menggunakan “tanwin”. Cara ejahnya masih sama seperti sebelumnya, contohnya jika huruf “alif”  ( اً اٍ اٌ   ) maka diejah alif wa fathatan “an”, alif wa kasratan “in”, alif wa dommatan “un” = “ an, in ,un “. kalau huruf “ba” (  بً بٍ بٌ ) maka diejah ba wa fathatan “ban”, ba wa kasratan “bin”, ba wa dommatan “bun” = “ban, bin, bun”. Huruf selanjutnya sobat coba sendiri mengejahnya sampai huruf ya, dan seperti biasa lakukan berulang-ulang sampai sobat lancar.

اً اٍ اٌ  بً بٍ بٌ  تً تٍ تٌ  ثً ثٍ ثٌ  جً جٍ جٌ  حً حٍ حٌ  خً خٍ خٌ

دً دٍ دٌ  ذً ذٍ ذٌ  رً رٍ رٌ  زً زٍ زٌ  سً سٍ سٌ  شً شٍ شٌ  صً صٍ صٌ

ضً ضٍ ضٌ  طً طٍ طٌ  ظً ظٍ ظٌ  عً عٍ عٌ  غً غٍ غٌ  فً فٍ فٌ  قً قٍ قٌ

كً كٍ كٌ  لً لٍ لٌ  مً مٍ مٌ  نً نٍ نٌ  وً وٍ و ٌ هً هٍ هٌ  لاَ ءَ  يً يٍ يٌ


 Pastikan sobat lancar mengejahnya sebelum sobat lanjut pada ejahan selanjutnya yaitu mengejah menggunakan tasydid atau syiddah. Tapi sebelumnya lebih baik sobat mempelajari ilmu tajwid terlebih dahulu agar sobat nantinya mengerti cara membaca alquran yang benar. untuk mempelajarinya silahkan search saja di google dengan keyword "belajar tajwid lengkap", banyak artikel yang membahas ilmu tajwid. barulah setelah itu menuju pada tahap terakhir dalam panduan ini yaitu mengejah huruf hijaiyyah bag 2.Selamat belajar dan semoga sobat diberi kesabaran.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "cara mengejah huruf alqur'an bagian 1"

Post a Comment