Panduan membaca alqur'an untuk pemula

بِسْــــــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
 اسلام عليكم 
Banyak dari umat muslim khususnya yang sudah dewasa belum bisa membaca Alqu’ran, bahkan ada juga yang sudah usianya lanjut pun tidak bisa membaca Alquran. Sekalipun hafal beberapa surat pendek, itupun dikarenakan sering mendengar. Tapi gagap saat dihadapkan pada tulisan huruf arab dalam Alqur’an. Satu persatu dari hurufnya sih hafal, tapi sulit membacanya dalam rangkaian kata pada ayat.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut, yang paling umum menurut saya adalah faktor malas sewaktu masih kecil, lebih mementingkan acara tv yang disukai dan kesenangan yang lain sampai susah saat disuruh orang tua untuk pergi belajar mengaji ke majlis pengajian, atau mungkin juga karena faktor lingkungan. Akhirnya saat beranjak dewasa baru terasa penyesalan yang besar karena dulu tidak memanfaatkan masa kecil utk bersungguh sungguh belajar membaca alquran. 
Saat mulai mengerti akan pentingnya membaca dan mempelajari kandungan Alqur’an, saat mengetahui dahsyatnya manfaat dan pahala membaca alquran, barulah ada keinginan untuk bisa membaca alquran dengan baik. Memang bisa saja membaca terjemahannya atau dari huruf latin, namun tetap saja membaca Alqur’an dengan huruf arab lebih utama, karena ada aturan dalam membacanya seperti dari makhrajnya yaitu melafadzkan huruf yang benar, hingga tajwidnya yang mengatur hukum-hukum bacaan yang akan dibahas pada postingan yang lain. 
Meskipun begitu, tidak ada kata terlambat untuk belajar, berapapun usia sobat bukanlah persoalan utk belajar membaca Alqur’an dari nol sekalipun. Jika merasa malu untuk belajar langsung pada ustad di tempat sobat, bisa meminta teman sobat yang sudah lancar untuk mengajarkan. Kalau teman sobat mengerti akan pahala berbagi ilmu, pasti akan senang hati bersedia mengajarkan asalkan niat sobat untuk belajar benar-benar mantap dan mau bersungguh-sugguh. 
Atau bisa juga melalui media internet seperti pada artikel ini yang insyaallah akan memberikan panduan membaca alquran dari nol. Bagi sobat yang mualaf pun jika ingin belajar membaca Alqur'an silahkan menyimak tulisan ini dan postingan yang lain sebagai langkah-langkahnya. Saya akan memaparkan apa yang saya bisa, sekaligus mengkaji kembali agar menjadi pelajaran bagi saya pribadi khususnya. jika ada kesulitan atau ada materi yang sulit dipahami, kita akan pelajari bersama. Semoga bisa memudahkan sobat dalam praktek belajar membaca. Terlepas dari itu, yang namanya belajar tentu ada proses, membutuhkan kesabaran, berusaha maksimal, dan dengan pondasi niat yang sungguh-sungguh, Insyaallah dimudahkan. 
Ada beberapa tahapan sampai sobat bisa membaca alquran dengan lancar, silahkan ikuti setiap tahap berikut ini : 
  1. Mengenal huruf hijaiyah 
  2. Mengenal tanda baca/harakat 
  3. Cara mengejah huruf hijaiyyah bag 1 
  4. Hukum tajwid (silahkan search di google dengan keyword "belajar ilmu tajwid lengkap") 
  5. Cara mengejah huruf hijaiyyah bag 2 
Selamat belajar, semoga diberi kemudahan ! Sampai bertemu kembai di postingan berikutnya.
واسلام عليكم

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Panduan membaca alqur'an untuk pemula"

Post a Comment